PENERAPAN
GRAFIKA KOMPUTER
Grafik
Komputer (computer graphics) : bagian dari ilmu komputer yang berkaitan
dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk
sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D yang kemudian berkembang
menjadi grafika komputer 3D, pemrosesan citra, dan pengenalan pola.
Grafika computer berbeda dengan pengolahan citra.
Pengolahan
Citra : salah satu cabang dari ilmu informatika. pengolahan citra berkutat pada
usaha untuk melakukan transformasi suatu citra/gambar menjadi citra lain dengan
menggunakan teknik tertentu.
Masuk
ke penerapan Grafik Komputer & Pengolahan Citra.
Ø
Penerapan Grafik Komputer dalam
kehidupan sehari-hari
1.
Bidang Kesehatan (contoh: Rontgen, USG)
Di bidang kesehatan, aplikasi pengolahan grafis
sudah bisa di terapkan dibidang kesehatan.
Seperti
penggunaan mesin x-ray, melihat kondisi kandungan pun bisa sudah diterapkan.
dan ini akan sangat berguna.
2. Bidang Pendidikan (contoh: PowerPoint)
Misalkan
pada film,grafik komputer menghasilkan efek animasi yang baik. Sudah banyak
film film yang menggabungkan berbagai teknik, salah satunya penerapan grafik
komputer agar tercapai sebuah film dengan efek efek yang mengagumkan
3. Bidang
Hiburan (contoh: Film Animasi)
Misalkan
pada film,grafik komputer menghasilkan efek animasi yang baik. Sudah banyak
film film yang menggabungkan berbagai teknik, salah satunya penerapan grafik
komputer agar tercapai sebuah film dengan efek efek yang mengagumkan.
4.
Computer Art (contoh: Gambar 2D/3D)
Computer art adalah penggunaan
komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni.
Hasil dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain
interior atau eksterior, dan lain sebagainya. Contoh: Adobe Photoshop, Corel Painter, GIMP.3.Computer. Computer art adalah penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni.Hasil dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain
interior atau eksterior, dan lain sebagainya. Contoh: Adobe Photoshop, Corel Painter, GIMP.
Hasil dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain
interior atau eksterior, dan lain sebagainya. Contoh: Adobe Photoshop, Corel Painter, GIMP.3.Computer. Computer art adalah penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni.Hasil dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain
interior atau eksterior, dan lain sebagainya. Contoh: Adobe Photoshop, Corel Painter, GIMP.
5.
Computer-Aided Design (CAD) (contoh:
Design Rumah/Mobil/Pesawat)
CAD adalah alat bantu berbasis
komputer yang digunakan dalam proses analisis dam desain, khusunya untuk sistem
arsitektural dan engineering. CAD banyak digunakan dalam
mendesain bagunan, mobil, pesawat, komputer, alat-alat elektronik, peralatan rumah
tangga, dan berbagai produk lainnya.
mendesain bagunan, mobil, pesawat, komputer, alat-alat elektronik, peralatan rumah
tangga, dan berbagai produk lainnya.
6.
Video/Game
Video game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan
user interface untuk menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat
video. Aplikasi banyak beredar di pasaran mulai yang sederhana 2 dimensi,
seperti tetris, hingga yang rumit, 3 dimensi, dan memerlukan resource banyak,
seperti game sepakbola Winning Eleven. Dari yang yang standalone hingga online
network, seperti Ragnarok. Dari PC, console, hingga mobile devices.
7.
Computer-Aided Sofware Engineering
(CASE)
CASE mirip dengan CAD tetapi digunakan dalam bidang sofware
engineering. CASE digunakan Dalam memodelkan user requirement, pemodelan
basisdata, workflow dalam proses bisnis, struktur program, dan sebagainya.
Contoh aplikasi: Rational Rose, SyBase Power Designer.
8.
Virtual Reality
Virtual Reality adalah lingkungan virtual yang seakan-akan
begitu nyata di mana user dapat Berinteraksi dengan objek-objek dalam suasana
atau lingkungan 3 dimensi. Perangkat keras khusus digunakan untuk memberikan
efek pemadangan 3 dimensi dan memampukan user beriteraksi dengan objek-objek
yang ada dalam lingkungan. Contoh: aplikasi VR parachute trainer yang digunakan
oleh U.S. Navy untuk latihan terjun payung. Aplikasi ini dapat memberikan
keutungan berupa mengurangi resiko cedera selama latihan, mengurangi biaya
penerbangan, melatih perwira sebelum melakukan terjun payung sesungguhnya.
9.
Visualisasi Data
Visualisasi Data adalah teknik-teknik membuat image,
diagram, atau animasi untuk Mengkomunikasikan pesan. Visualisasi telah menjadi
cara yang efektif dalam mengkomunikasikan baik data atau ide abstrak maupun
nyata sejak permulaan manusia. Contoh: visualisasi dari struktur protein,
strutur suatu website, visualisasi hasil data mining.
Ø Penerapan Pengolahan Citra dalam kehidupan sehari-hari
1. Bidang Fotografi (contoh: pengukuran terhadap posisi dan
jarak suatu bintang dari foto udara)
2. Bidang Visual (contoh: untuk memberikan penjelasan rinci
terhadap suatu rancangan bagi para arsitek)
3.
Teknologi Pengaman (contoh:
pemanfaatan sidik jari, iris, wajah dan biometrika yang lainnya untuk system
identifikasi seseorang)












Komentar
Posting Komentar