Penerapan Grafika Komputer



PENERAPAN GRAFIKA KOMPUTER

Grafik Komputer (computer graphics) : bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D, pemrosesan citra, dan pengenalan pola.
Grafika computer berbeda dengan pengolahan citra.
Pengolahan Citra : salah satu cabang dari ilmu informatika. pengolahan citra berkutat pada usaha untuk melakukan transformasi suatu citra/gambar menjadi citra lain dengan menggunakan teknik tertentu.
                                                                                                     
Masuk ke penerapan Grafik Komputer & Pengolahan Citra.
Ø  Penerapan Grafik Komputer dalam kehidupan sehari-hari
1.       Bidang Kesehatan (contoh: Rontgen, USG)
Di bidang kesehatan, aplikasi pengolahan grafis sudah bisa di terapkan dibidang kesehatan.
Seperti penggunaan mesin x-ray, melihat kondisi kandungan pun bisa sudah diterapkan. dan ini akan sangat berguna.



2.    Bidang Pendidikan (contoh: PowerPoint)
            Misalkan pada film,grafik komputer menghasilkan efek animasi yang baik. Sudah banyak film film yang menggabungkan berbagai teknik, salah satunya penerapan grafik komputer agar tercapai sebuah film dengan efek efek yang mengagumkan


3.     Bidang Hiburan (contoh: Film Animasi)
            Misalkan pada film,grafik komputer menghasilkan efek animasi yang baik. Sudah banyak film film yang menggabungkan berbagai teknik, salah satunya penerapan grafik komputer agar tercapai sebuah film dengan efek efek yang mengagumkan.



4.       Computer Art (contoh: Gambar 2D/3D) 
            Computer art adalah penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni.
Hasil dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain
interior atau eksterior, dan lain sebagainya. Contoh: Adobe Photoshop, Corel Painter, GIMP.3.Computer. Computer art adalah penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni.Hasil dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain
interior atau eksterior, dan lain sebagainya. Contoh: Adobe Photoshop, Corel Painter, GIMP.


5.      Computer-Aided Design (CAD) (contoh: Design Rumah/Mobil/Pesawat) 
            CAD adalah alat bantu berbasis komputer yang digunakan dalam proses analisis dam desain, khusunya untuk sistem arsitektural dan engineering. CAD banyak digunakan dalam
mendesain bagunan, mobil, pesawat, komputer, alat-alat elektronik, peralatan rumah
tangga, dan berbagai produk lainnya.


6.      Video/Game
Video game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi banyak beredar di pasaran mulai yang sederhana 2 dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit, 3 dimensi, dan memerlukan resource banyak, seperti game sepakbola Winning Eleven. Dari yang yang standalone hingga online network, seperti Ragnarok. Dari PC, console, hingga mobile devices.


7.      Computer-Aided Sofware Engineering (CASE)
CASE mirip dengan CAD tetapi digunakan dalam bidang sofware engineering. CASE digunakan Dalam memodelkan user requirement, pemodelan basisdata, workflow dalam proses bisnis, struktur program, dan sebagainya. Contoh aplikasi: Rational Rose, SyBase Power Designer.



8.       Virtual Reality
Virtual Reality adalah lingkungan virtual yang seakan-akan begitu nyata di mana user dapat Berinteraksi dengan objek-objek dalam suasana atau lingkungan 3 dimensi. Perangkat keras khusus digunakan untuk memberikan efek pemadangan 3 dimensi dan memampukan user beriteraksi dengan objek-objek yang ada dalam lingkungan. Contoh: aplikasi VR parachute trainer yang digunakan oleh U.S. Navy untuk latihan terjun payung. Aplikasi ini dapat memberikan keutungan berupa mengurangi resiko cedera selama latihan, mengurangi biaya penerbangan, melatih perwira sebelum melakukan terjun payung sesungguhnya.


9.       Visualisasi Data
Visualisasi Data adalah teknik-teknik membuat image, diagram, atau animasi untuk Mengkomunikasikan pesan. Visualisasi telah menjadi cara yang efektif dalam mengkomunikasikan baik data atau ide abstrak maupun nyata sejak permulaan manusia. Contoh: visualisasi dari struktur protein, strutur suatu website, visualisasi hasil data mining.



Ø  Penerapan Pengolahan Citra dalam kehidupan sehari-hari

1.      Bidang Fotografi (contoh: pengukuran terhadap posisi dan jarak suatu bintang dari foto udara)



2.      Bidang Visual (contoh: untuk memberikan penjelasan rinci terhadap suatu rancangan bagi para arsitek)


3.      Teknologi Pengaman (contoh: pemanfaatan sidik jari, iris, wajah dan biometrika yang lainnya untuk system identifikasi seseorang)



Komentar