Setelah mengetahui tutorial mengintegrasikan LWJGL ke dalam
netbeans, kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana cara membuat rumah
dengan OpenGL di netbeans. Langsung saja yuk Check this Out =======>
1. Pertama, kita buka terlebih
dahulu apikasi netbeans 8.2 nya.
2. Setelah aplikasi netbeans 8.2
terbuka, klik File -> New Project.
3. Pastikan Categories yang dipilih
adalah Java -> Java Application, kemudian klik button Next.
4.
Beri nama project yang akan kita buat, lalu klik button
Finish.
5.
Kemudian klik kanan pada Libraries -> Add Library.
6. Pilih LWJGL yang sebelumnya sudah
pernah dibuat. Baca http://stemanikaku.blogspot.co.id/2017/08/tutorial-integrasi-library-lwjgl-ke.html. Lalu
klik button Add Library.
7. Setelah di add, maka akan muncul
LWJGL seperti gambar dibawah ini.
8.
Selanjutnya, ketikkan coding import dibawah package
objekrumah;
package
objekrumah;
import
org.lwjgl.LWJGLException;
import
org.lwjgl.opengl.Display;
import
org.lwjgl.opengl.DisplayMode;
import
org.lwjgl.opengl.GL11;
9. Lalu tambahkan coding ini dibawah
public class ObjekRumah {
public
void start(){
try{
Display.setDisplayMode(new DisplayMode(800,600));
Display.setTitle("Objek Rumah Dini");
Display.create();
} catch (LWJGLException e) {
e.printStackTrace();
System.exit(0);
}
GL11.glMatrixMode(GL11.GL_PROJECTION);
GL11.glLoadIdentity();
GL11.glOrtho(0, 800, 0, 600, 1, -1);
GL11.glMatrixMode(GL11.GL_MODELVIEW);
// init OpenGL here
while (!Display.isCloseRequested()) {
GL11.glPointSize(5);
GL11.glBegin(GL11.GL_LINES); //lines bangunan rumah
GL11.glColor3f(0.0f,1.0f,1.0f);
GL11.glVertex2f(100,50);
GL11.glVertex2f(200,50);
GL11.glVertex2f(200,50);
GL11.glVertex2f(700,50);
GL11.glVertex2f(700,50);
GL11.glVertex2f(700,350);
GL11.glVertex2f(700,350);
GL11.glVertex2f(100,350);
GL11.glVertex2f(100,350);
GL11.glVertex2f(100,50);
GL11.glVertex2f(300,350);
GL11.glVertex2f(300,50);
GL11.glEnd();
Display.setTitle("Objek Rumah Dini");
Display.create();
} catch (LWJGLException e) {
e.printStackTrace();
System.exit(0);
}
GL11.glMatrixMode(GL11.GL_PROJECTION);
GL11.glLoadIdentity();
GL11.glOrtho(0, 800, 0, 600, 1, -1);
GL11.glMatrixMode(GL11.GL_MODELVIEW);
// init OpenGL here
while (!Display.isCloseRequested()) {
GL11.glPointSize(5);
GL11.glBegin(GL11.GL_LINES); //lines bangunan rumah
GL11.glColor3f(0.0f,1.0f,1.0f);
GL11.glVertex2f(100,50);
GL11.glVertex2f(200,50);
GL11.glVertex2f(200,50);
GL11.glVertex2f(700,50);
GL11.glVertex2f(700,50);
GL11.glVertex2f(700,350);
GL11.glVertex2f(700,350);
GL11.glVertex2f(100,350);
GL11.glVertex2f(100,350);
GL11.glVertex2f(100,50);
GL11.glVertex2f(300,350);
GL11.glVertex2f(300,50);
GL11.glEnd();
10. Lalu untuk
membuat atapnya tambahkan coding ini dibawah coding yang tadi sudah diketik.
GL11.glBegin(GL11.GL_LINES); //lines untuk bagian atap
GL11.glColor3f(1.0f,0.0f,0.0f);
GL11.glVertex2f(100,350);
GL11.glVertex2f(200,450);
GL11.glVertex2f(200,450);
GL11.glVertex2f(300,350);
GL11.glVertex2f(200,450);
GL11.glVertex2f(600,450);
GL11.glVertex2f(600,450);
GL11.glVertex2f(700,350);
GL11.glEnd();
GL11.glColor3f(1.0f,0.0f,0.0f);
GL11.glVertex2f(100,350);
GL11.glVertex2f(200,450);
GL11.glVertex2f(200,450);
GL11.glVertex2f(300,350);
GL11.glVertex2f(200,450);
GL11.glVertex2f(600,450);
GL11.glVertex2f(600,450);
GL11.glVertex2f(700,350);
GL11.glEnd();
11.
Dan untuk menambahkan pintu, ketikkan coding
dibawah ini.
GL11.glBegin(GL11.GL_LINES); //lines untuk pintu
GL11.glColor3f(1.0f,0.0f,1.0f);
GL11.glVertex2f(150,50);
GL11.glVertex2f(250,50);
GL11.glVertex2f(150,200);
GL11.glVertex2f(250,200);
GL11.glVertex2f(150,50);
GL11.glVertex2f(150,200);
GL11.glVertex2f(250,200);
GL11.glVertex2f(250,50);
GL11.glEnd();
GL11.glColor3f(1.0f,0.0f,1.0f);
GL11.glVertex2f(150,50);
GL11.glVertex2f(250,50);
GL11.glVertex2f(150,200);
GL11.glVertex2f(250,200);
GL11.glVertex2f(150,50);
GL11.glVertex2f(150,200);
GL11.glVertex2f(250,200);
GL11.glVertex2f(250,50);
GL11.glEnd();
12. Selanjutnya tambahkan coding ini untuk membuat jendela 1.
GL11.glBegin(GL11.GL_LINES); //lines untuk jendela 1
GL11.glColor3f(1.0f,1.0f,0.0f);
GL11.glVertex2f(350,300);
GL11.glVertex2f(450,300);
GL11.glVertex2f(450,300);
GL11.glVertex2f(450,200);
GL11.glVertex2f(450,200);
GL11.glVertex2f(350,200);
GL11.glVertex2f(350,200);
GL11.glVertex2f(350,300);
GL11.glVertex2f(400,200);
GL11.glVertex2f(400,300);
GL11.glVertex2f(350,250);
GL11.glVertex2f(450,250);
GL11.glEnd();
13. Agar terlihat lebih menarik, tambahkan lagi coding ini untuk membuat jendela 2 nya.
GL11.glColor3f(1.0f,1.0f,0.0f);
GL11.glVertex2f(350,300);
GL11.glVertex2f(450,300);
GL11.glVertex2f(450,300);
GL11.glVertex2f(450,200);
GL11.glVertex2f(450,200);
GL11.glVertex2f(350,200);
GL11.glVertex2f(350,200);
GL11.glVertex2f(350,300);
GL11.glVertex2f(400,200);
GL11.glVertex2f(400,300);
GL11.glVertex2f(350,250);
GL11.glVertex2f(450,250);
GL11.glEnd();
13. Agar terlihat lebih menarik, tambahkan lagi coding ini untuk membuat jendela 2 nya.
GL11.glColor3f(1.0f,1.0f,0.0f);
GL11.glVertex2f(550,300);
GL11.glVertex2f(650,300);
GL11.glVertex2f(650,300);
GL11.glVertex2f(650,200);
GL11.glVertex2f(650,200);
GL11.glVertex2f(550,200);
GL11.glVertex2f(550,200);
GL11.glVertex2f(550,300);
GL11.glVertex2f(600,200);
GL11.glVertex2f(600,300);
GL11.glVertex2f(550,250);
GL11.glVertex2f(650,250);
GL11.glEnd();
Display.update();
}
Display.destroy();
}
Kemudian
ketikkan coding ini dibawah public static void main(String[] args) {
public
static void main(String[] args) {
// TODO code application logic here
ObjekRumah
displayExample = new ObjekRumah();
displayExample.start();
NB : yang
dicetak tebal, sesuai nama project yang dibuat.
14.
Setelah semua coding dimasukkan, run project anda dengan
cara mengklik segitiga berwarna hijau yang ada pada toolbar diatas.
15.
Maka akan muncul output error, agar tidak error klik
kanan pada Libraries -> Properties.
16.
Pilih Categories run -> pada VM Option ketikkan sesuai
lokasi folder LWJGL yang anda simpan -> OK. Saya menyimpannya di D maka VM
Option nya seperti dibawah ini :
-Djava.library.path=C:\LWJGL\lwjgl-2.9.1\native\windows
17.
Setelah selesai, run kembali project anda maka hasilnya
seperti ini.
- Menggunakan
GL_LINES
18. Untuk mengubah objek rumah dengan
point/titik kita hanya perlu mengubah perintahnya dari GL_LINES ke GL_POINTS. Dan jika di run, hasilnya seperti ini.
- Menggunakan GL_POINTS
Bagaimanaaa,
mudah bukan? :D hihihi
Selamat
mencoba !

















Komentar
Posting Komentar