Cara membuat rumah dengan OpenGL di Neatbeans 8.2



Setelah mengetahui tutorial mengintegrasikan LWJGL ke dalam netbeans, kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana cara membuat rumah dengan OpenGL di netbeans. Langsung saja yuk Check this Out =======>
1. Pertama, kita buka terlebih dahulu apikasi netbeans 8.2 nya.


2.      Setelah aplikasi netbeans 8.2 terbuka, klik File -> New Project.


3.      Pastikan Categories yang dipilih adalah Java -> Java Application, kemudian klik button Next.


4.      Beri nama project yang akan kita buat, lalu klik button Finish.


5.      Kemudian klik kanan pada Libraries -> Add Library.


6.      Pilih LWJGL yang sebelumnya sudah pernah dibuat. Baca http://stemanikaku.blogspot.co.id/2017/08/tutorial-integrasi-library-lwjgl-ke.html. Lalu klik button Add Library.


7.      Setelah di add, maka akan muncul LWJGL seperti gambar dibawah ini.


8.      Selanjutnya, ketikkan coding import dibawah package objekrumah;


package objekrumah;
import org.lwjgl.LWJGLException;
import org.lwjgl.opengl.Display;
import org.lwjgl.opengl.DisplayMode;
import org.lwjgl.opengl.GL11;
9.      Lalu tambahkan coding ini dibawah public class ObjekRumah {



public void start(){
try{
Display.setDisplayMode(new DisplayMode(800,600));
        Display.setTitle("Objek Rumah Dini");
        Display.create();
    } catch (LWJGLException e) {
    e.printStackTrace();
    System.exit(0);
    }
    
GL11.glMatrixMode(GL11.GL_PROJECTION);
GL11.glLoadIdentity();
GL11.glOrtho(0, 800, 0, 600, 1, -1);
GL11.glMatrixMode(GL11.GL_MODELVIEW);
// init OpenGL here
while (!Display.isCloseRequested()) {
GL11.glPointSize(5);
GL11.glBegin(GL11.GL_LINES); //lines bangunan rumah
GL11.glColor3f(0.0f,1.0f,1.0f); 
GL11.glVertex2f(100,50);
GL11.glVertex2f(200,50);
GL11.glVertex2f(200,50);
GL11.glVertex2f(700,50);
GL11.glVertex2f(700,50);
GL11.glVertex2f(700,350);
GL11.glVertex2f(700,350);
GL11.glVertex2f(100,350);
GL11.glVertex2f(100,350);
GL11.glVertex2f(100,50);
GL11.glVertex2f(300,350);
GL11.glVertex2f(300,50);
GL11.glEnd();
10.      Lalu untuk membuat atapnya tambahkan coding ini dibawah coding yang tadi sudah diketik.



GL11.glBegin(GL11.GL_LINES); //lines untuk bagian atap
GL11.glColor3f(1.0f,0.0f,0.0f);
GL11.glVertex2f(100,350);
GL11.glVertex2f(200,450);
GL11.glVertex2f(200,450);
GL11.glVertex2f(300,350);
GL11.glVertex2f(200,450);
GL11.glVertex2f(600,450);
GL11.glVertex2f(600,450);
GL11.glVertex2f(700,350);
GL11.glEnd();
11.      Dan untuk menambahkan pintu, ketikkan coding dibawah ini.



GL11.glBegin(GL11.GL_LINES); //lines untuk pintu
GL11.glColor3f(1.0f,0.0f,1.0f);
GL11.glVertex2f(150,50);
GL11.glVertex2f(250,50);
GL11.glVertex2f(150,200);
GL11.glVertex2f(250,200);
GL11.glVertex2f(150,50);
GL11.glVertex2f(150,200);
GL11.glVertex2f(250,200);
GL11.glVertex2f(250,50);
GL11.glEnd();
12.      Selanjutnya tambahkan coding ini untuk membuat jendela 1.



GL11.glBegin(GL11.GL_LINES); //lines untuk jendela 1
GL11.glColor3f(1.0f,1.0f,0.0f);
GL11.glVertex2f(350,300);
GL11.glVertex2f(450,300);
GL11.glVertex2f(450,300);
GL11.glVertex2f(450,200);
GL11.glVertex2f(450,200);
GL11.glVertex2f(350,200);
GL11.glVertex2f(350,200);
GL11.glVertex2f(350,300);
GL11.glVertex2f(400,200);
GL11.glVertex2f(400,300);
GL11.glVertex2f(350,250);
GL11.glVertex2f(450,250);
GL11.glEnd();
13. Agar terlihat lebih menarik, tambahkan lagi coding ini untuk membuat jendela 2 nya.

GL11.glBegin(GL11.GL_LINES); //lines untuk jendela 2
GL11.glColor3f(1.0f,1.0f,0.0f);
GL11.glVertex2f(550,300);
GL11.glVertex2f(650,300);
GL11.glVertex2f(650,300);
GL11.glVertex2f(650,200);
GL11.glVertex2f(650,200);
GL11.glVertex2f(550,200);
GL11.glVertex2f(550,200);
GL11.glVertex2f(550,300);
GL11.glVertex2f(600,200);
GL11.glVertex2f(600,300);
GL11.glVertex2f(550,250);
GL11.glVertex2f(650,250);
GL11.glEnd();
Display.update();
}
Display.destroy();

}

Kemudian ketikkan coding ini dibawah public static void main(String[] args) {

public static void main(String[] args) {
        // TODO code application logic here
          ObjekRumah displayExample = new ObjekRumah();
          displayExample.start();
NB : yang dicetak tebal, sesuai nama project yang dibuat.

14.      Setelah semua coding dimasukkan, run project anda dengan cara mengklik segitiga berwarna hijau yang ada pada toolbar diatas.

15.      Maka akan muncul output error, agar tidak error klik kanan pada Libraries -> Properties.



16.      Pilih Categories run -> pada VM Option ketikkan sesuai lokasi folder LWJGL yang anda simpan -> OK. Saya menyimpannya di D maka VM Option nya seperti dibawah ini :


-Djava.library.path=C:\LWJGL\lwjgl-2.9.1\native\windows

17.      Setelah selesai, run kembali project anda maka hasilnya seperti ini.  
          
                - Menggunakan GL_LINES


           18.      Untuk mengubah objek rumah dengan point/titik kita hanya perlu mengubah perintahnya dari GL_LINES ke GL_POINTS. Dan jika di run, hasilnya seperti ini.

                            - Menggunakan GL_POINTS



        Bagaimanaaa, mudah bukan? :D hihihi
Selamat mencoba !

Komentar